24 Jan 2013

Tsukuyomi

Tipe Elemen : -
Pengguna : Itachi uchiha, Madara Uchiha, Sasuke Uchiha

Klasifikasi : Kekkei Genkai, Genjutsu, Doujutsu

Tipe Elemen : Teknik Ilusi
Jarak serang : -


Menurut Zetsu, Tsukuyomi adalah salah satu genjutsu yang paling kuat yang pernah ada. Ini adalah teknik unik dari klan Uchiha dan hanya mereka yang mempunyai Mangekyo Sharingan saja yang dapat melakukan teknik ini. Teknik ini dikatakan mewakili "Spiritual Dunia dan Kegelapan" (精神界と闇, Seishinkai to Yami), yang bertolak belakang dengan Amaterasu, ninjutsu kekuatan yang punya asal sama.


Tsukuyomi membutuhkan kontak mata untuk dapat dilakukan. Ketika digunakan, ia akan memperangkap target dalam ilusi yang benar-benar dikontrol oleh pengguna. Kecakapan Itachi dengan teknik ini telah
memungkinkan dia untuk mengubah persepsi waktu dengan mudah dalam genjutsu untuk membuatnya tampak berlangsung selama berhari-hari padahal sebenarnya hanya berlangsung beberapa detik. Hal ini memungkinkan dia untuk menyiksa target yang tampaknya berlangsung seperti berhari-hari, menyebabkan trauma psikologis yang akan melumpuhkan target untuk jangka waktu yang cukup lama. Setelah Itachi menggunakannya pada kakashi di Bagian I Naruto, Kisame terkejut karena Kakashi masih hidup. Namun Tsunade mampu menyembuhkan kerusakan psikologis kakashi.

Dalam anime saat Bagian I, saat menggunakan Tsukuyomi itachi biasanya menampilkan bulan merah di seluruh ilusi dengan suasana mendung, memberikan latar belakang penampilan berwarna merah darah sedangkan korban dalam ilusi digambarkan dalam efek warna sephia.


Seperti teknik kuat lain bukan berarti teknik ini tanpa kelemahan. Karena kompleksitas dari ilusi dan kecepatan waktu yang dijalankan, chakra itachi akan terkuras saat menggunakannya dan sakit yang teramat sangat pada mata kirinya, dan membuat penglihatan Itachi menjadi kabur. Sebelum menggunakannya pada Kakashi dalam Bagian I, Itachi pernah menyatakan Tsukuyomi hanya dapat dikalahkan dengan pengguna Sharingan yang punya hubungan darah dengan-nya; seperti yang ditunjukkan ketika Sasuke mengalahkan Tsukuyomi Itachi dalam pertempuran mereka. Sasuke juga dapat melakukan Tsukuyomi dengan mata kanan-nya, meskipun ilusi nya dianggap lebih rendah daripada Tsukuyomi Itachi karena sasuke tidak dapat mengubah persepsi waktu yang menunjukkan ia belum menguasainya. Rencana Mata Bulan Tobi yang bertujuan memperoleh kekuatan juubi dan tubuh juubi di bulan, yang pada akhirnya memungkinkan dia untuk membuat "Tsukuyomi Tak Terbatas" (無限月読, Mugen Tsukuyomi) di seluruh pelosok dunia, yang berarti membuat dia dapat mengatur segalanya dan menjadi tuhan. Namun, sebenarnya juga tidak diketahui jika Tobi mampu menggunakan Tsukuyomi normal, Madara Uchiha kemungkinan besar adalah pengguna Tsukuyomi dan Amaterasu karena ia dapat menggunakan Susano'o.


• Inspirasi


Dari mitos Jepang kuno tentang Amaterasu, Tsukuyomi, dan Susanoo. Disaat Izanagi mencuci wajahnya setelah melarikan diri dari dunia bawah mata kanannya menjadi Tsukuyomi, dewa bulan.
✎ Penulis/Writen : Adm. Nagato ET

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Naruto of Shippuden - Naruto of Shippuden - Powered by Blogger - Created by Sendy ET -